Selamatkan usia emas ! 01.26

Sejak usia 2 tahun anak saya saya masukkan ke play group atau kelompok bermain.memang banyak yang bertanya masih kecil kok sudah sekolah? atau komentar yang bilang nanti bosen lho masih kecil sudah sekolah. yah, beberapa komentar itu cuma saya dengarkan saja. Mungkin hanya dasar pemikiran saja yang membedakan. Saya sebanarnya termasuk orang tua yang sangat concern dengan usia emas. Menurut banyak artikel yang saya baca lewat buku, majalah ataupun artikel di internet usia emas anak terutama usia 0- 3 tahun adalah masa yang benar-benar kritis. Karena pada usia tersebut otak anak ibarat spong yang bisa menyerap apapun disekitarnya dengan kecepatan yang menngagumkan. Makanya jangan heran bila anak kita cepat sekali meniru iklan atau lagu dewasa yang sering dia dengar. Ada penelitian juga yang menyabutkan anak pada usia ini yang banyak diberi rangsangan akan memilki kecerdasan 20 poin lebih tinggi dari anak-anak yang tidak di rangsang.


Itulah dasar pemikiran saya, karena ingin memiliki anak yang cerdas maka saya berusaha untuk memberikan rangsangan sebanyak-banyaknya untuk menstimulasi otaknya sebelum usia 3 tahun, karena sel-sel otak anak pada usia setelah itu tidak akan sebanyak pada usia 0 - 3 tahun. Sehingga apabila tidak kita manfaatkan dengan baik, maka masa ini akan terlewati begitu saja. Padahal masa emas ini tidak akan pernah terulang lagi. The Golden Years it's now or never!

Nah, disisi lain saya juga menyadari keterbatasan saya, saya hanya tau cara mendidik anak dari orang di sekitar kita. Karena pada saat ibu kita mendidik kita dulu belum terekam dalam ingatan, kalupun ada hanya samar-samar. Selain dari banyak mengumpulkan informasi dari orang-orang yang lebih pintar dari kita atau rajin menyimak acara di tivi yan berkaitan dengan pendidikan anak, saya rasa perlu juga anak saya mendapat rangsangan dari lingkungan yang memang sudah di kondisikan untuk memahat otaknya, impuls-impuls yang bisa menambah sambungan-sambungan syarafnya sehingga tidak banyak yang mati. Itulah kenapa saya rasa perlu untuk memasukkanhya ke sebuah kelompok bermain. Karena menurut saya di sana

0 komentar:

Posting Komentar